Terungkap, Negara Paling Tidak Bahagia di Dunia

126
SHARE

BHARATANEWS.IDNegara-negara paling tidak bahagia di dunia sebagian besar terletak di gurun Sahara.

Laporan terbaru dari Sustainable Development Solutions Network (SDSN) dan the Earth Institute di Universitas Kolombia mengumumkan daftar negara paling bahagia hingga paling tidak bahagia di dunia.

Penilaian ini dilakukan berdasarkan beberapa faktor, di antaranya pendapatan per kapita dari Poduk Domestik Bruto (PDB), angka harapan hidup seseorang dan tingkat korupsi baik di pemerintahan atau swasta.

Dan, negara-negara yang termasuk dalam 10 besar negara paling tidak bahagia adalah Madagascar, Tanzania, Liberia, Guinea, Rwanda, Benin, Afghanistan, Togo, Suriah dan Burundi berada di urutan terakhir dari 157 negara di dunia.

Sebaliknya, 10 besar negara yang paling bahagia di dunia dalam urutan dalah Denmark di posisi pertama, Swis, Islandia, Norwegia, Finlandia, Kanada, Belanda, Selandia Baru, Australia dan Swedia.

Negara-negara lainnya, seperti Amerika Serikat berada di urutan 13, Inggris di urutan 23, Prancis berada di posisi 32.

“Ini adalah pesan pending bagi Amerika. Dalam lima puluh tahun, kami menjadi sangat kaya, tetapi tidak bahagia,” kata Profesor Jeffrey Sachs, ketua SDSN dan penasihat spesial Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon.

Laporan tersebut juga menyebutkan, banyak negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi pesat tetapi di sisi lain, pertumbuhan ekonomi pesat ini  menyebabkan tingginya kesenjangan antara kaya dan miskin dan peningkatan kerusakan lingkungan.(keepo.me)