Titik Rawan Macet di Tangsel Dipasangi CCTV

121
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | TANGERANG  – Mengantisipasi kemacetan dan kesemrawutan yang kerap terjadi di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) jajaran Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) setetempat akan memasang kamera Closed Circuit Television (CCTV).

“Ada sekitar 19 lokasi rawan kesemrawutan dan kemacetan lalu lintas setiap hari di wilayah ini yang menjadi perhatian Pemkot Tangsel,” kata Kepala Dishubkominfo setempat, Sukanta.

Dari 19 titik lokasi rencananya ada tiga lokasi yang mendesak dipasang alat CCTV yang dapat merekam gambar di lokasi selama 24 jam penuh dan kebanyakan lokasinya ada di sejumlah persimpangan, pertigaan hingga putaran kendaraan di jalan utama maupun protokol.
Menurut dia, ke tiga alat CCTV yang akan dipasang sudah masuk dalam pengajuan anggaran dan sedang dikaji lebih jauh berkaitan rencana pemasangan alat tersebut sehingga petugas dapat memantau semua kegiatan di lapangan dalam waktu 24 jam khususnya berkaitan dengan kemacetan serta kesemrawutan hingga tindak kejahatan di jalanan.

Nantinya, imbuh dia, ke tiga alat perekam atau CCTV di komandokan di dua tempat lokasi pengontrolan yaitu di kantor Dishub dan Walikota Tangsel sehingga tak hanya petugas Dishub saja yang dapat melihat secara langsung tapi di jajaran Walikota pun dapat melihat.

Alat CCTV yang akan dipergunakan berbentuk bulat menggunakan fiber optic untuk jaringannya sehingga mampu mengirim gambar di tiga titik dari dua lokasi yang bagus ke kantor pengontrol. Alat itu nantinya diharapkan dapat menjangkau area 360 derajat di sekeliling lokasi dengan dana diperkirakan mencapai Rp 3,2 miliar.

“Tak hanya tiga alat perekam CCTV yang akan dipasang tapi direncanakan Pemkot Tangsel akan bekerjasama dengan pihak swasta yang ada sehingga seluruh wilayah Kota Tangsel dapat dipantau dari seribu CCTV yang ada,” tuturnya sambil menambahkan rencana itu sebtulnya bisa berjalan karena pengontrolan dapat dilakukan melalui koneksi alat CCTV yang juga dipsaang pihak swasta. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here