SMPN 1 Gunungguruh Sukabumi Siap Gelar Kacapi

183
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | SUKABUMI – Kreativitas seni dan budaya senantiasa digelorakan dalam kancah pendidikan. Seni Sunda diajarkan agar budaya Sunda tak mudah dilupakan para generasi. Hal inilah mendasari SMPN1 Gunungguruh yang siap menggelar kegiatan Karya Cipta Prestasi (Kacapi) Tangguh 2016.

Kegiatan tersebut berupa Aksara dan Ngadongeng Sunda yang rencananya dilaksanakan pada Sabtu (19/3).

 Lomba berkhasanah Sunda tersebut karena memang disesuaikan dengan visi misi SMPN 1 Gunungguruh yang mengedepankan kesundaan.

Ketua Panitia Kacapi, Raden Yudi Budiman mengatakan, tahapan persiapan untuk melaksanakan kegiatan sudah secara matang dilakukan.

Seperti mengatur tempat, menyiapkan dewan juri dan lain sebagainya. Dari sepuluh SD yang mengikuti, hanya enam SD yang hadir pada techical meeting. Ini dilaksanakan pada kamis (17/3).

“Kami mengharapkan semua peserta bisa hadir pada techical meeting. Tetapi mereka yang tidak hadir sudah mengetahuinya,”

Ia menambahkan, rencananya kegiatan dilaksanakan se-tingkat Kabupaten Sukabumi.

Namun, di kabupaten sedang mempersiapkan perlombaan seperti kesundaan, yang rencananya dilaksanakan pada 23 Maret di Kantor Dinas Pendidikan, sekaligus penyeleksian tingkat provinsi.

 “Maka tidak terlalu fokus mengikuti lomba di sekolah ini mungkin waktunya yang kurang tepat,” tuturnya.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan sarana dan prasarana bagi peserta didik untuk menampilkan prestasinya dan menjadikan kegiatan Kacapi ini sebagai salah satu pilihan dalam melakukan aktivitasnya.

Pihaknya optimis bahwa jenis perlombaan yang disebutkan tadi mendidik pelajar lebih mudah melestarikan budaya Sunda sehingga menyukainya. Adapun pemenang dari lomba tersebut akan memperebukan trofi piala kepala sekolah serta uang pembinaan sekaligus sertifikat.

“Kami berharap Kacapi Tangguh 2016 berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala apa pun,” tuturnya seraya berharap. (Pojoksatu.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here