Dunia Industri Siap Serap 80.000 Lulusan SMK Bidang Konstruksi

149
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Sebanyak sekitar 80.000 lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang konstruksi tahun 2016 ini siap diserap dunia industri. Ini setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) penandatanganan kerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kerja sama antara Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud dengan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dilakukan bersamaan dengan peresmian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK untuk bidang konstruksi. Adalah SMK Negeri 26 Jakarta menjadi LSP Pihak Pertama (LSP-P1) yang diresmikan Kemendikbud.

Direktur Jenderal Dikdasmen Kemendikbud Hammid Muhammad menuturkan, kerjasama tersebut merupakan sinergi dua kementerian untuk mendorong pemberdayaan lulusan SMK terutama bidang konstruksi. “Kerjasama ini untuk menyambungkan lulusan SMK dengan kesempatan lapangan kerja. Dengan kerjasama ini diharapkan anak-anak kita yang lulus SMK bisa mendapatkan kesempatan yang luas untuk langsung bekerja,” ujarnya.

Dia menjelaskan, saat ini Kementrian PUPR memiliki program untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM) bidang konstruksi untuk lima tahun kedepan (2015-2019). Dalam program tersebut ditargetkan untuk penciptaan sebanyak 750.000 tenaga kerja konstruksi nasional yang bersertifikat.

Program tersebut, sangat bersinergi dengan program Kemendikbud dalam upaya pengembangan kualitas lulusan SMK. Selama ini, keterlibatan industri dalam pengembangan SMK belum terbangun dengan baik, dan mengakibatkan kualitas lulusannya tidak sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Hammid menuturkan, melalui kerjasama tersebut dan juga penetapan SMK sebagai LSP-P1 membuat lulusan SMK menjadi lebih kompeten dan siap memasuki dunia kerja. Apalagi akses untuk masuk ke dunia kerjanya juga telah disiapkan melalui kerja sama dengan Kementerian PUPR. (pikiran-rakyat.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here