Buruh Geruduk DPRD Kota Cimahi

122
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | CIMAHI РBuruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Cimahi menggeruduk kantor DPRD Kota Cimahi, Jln. Dra. Djulaeha Karmita Kota Cimahi, Jumat 18 Maret 2016. Mereka meminta Pemkot Cimahi bersikap tegas mengingat saat ini belum ada perusahaan yang menerapkan peraturan Daerah (Perda) No. 8/2015 tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan di Kota Cimahi.

Buruh meminta pengawasan di lapangan dilakukan sehingga perusahaan yang melanggar bisa dikenakan sanksi. Ketua DPC Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Cimahi Edi Suherdi mengatakan, penetapan Perda Penyelenggaraan Ketenagakerjaan memberi angin segar bagi buruh Kota Cimahi. “Pasal 38 ayat 5-6 mengatur pemberian upah terhadap buruh yang sudah bekerja diatas 1 tahun atau berkeluarga diberi insentif tambahan 5%. Aturan itu diabaikan oleh perusahaan, dengan alasan belum ada sosialisasi dari pemerintah,” ujarnya.

Legislatif, kata dia, perlu mendorong Pemkot Cimahi agar menegaskan ke perusahaan bahwa perda sudah berlaku. “Keluarkan rekomendasi yang menguatkan agar perusahaan menaati aturan daerah,” ucapnya.

Anggota DPRD Kota Cimahi Kanda mengatakan, dengan ditetapkannya perda tersebut oleh DPRD Kota Cimahi maka sudah menjadi produk hukum dan harus ditaati pihak terkait. “Kami keberatan kalau produk ini tidak dianggap oleh perusahaaan, mana data perusahaan yang menolak diberlakukannya perda. Toh, selama pembahasan sudah diundang semua pihak dan tidak ada yang menyatakan penolakan,” katanya. (pikiran-rakyat.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here