Dinilai Salahi Ketentuan, Pelayanan Paspor di Kantor Walikota Jaktim Ditutup

125
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA  – Pelayanan perekaman paspor yang sebelumnya tersedia di kantor walikota Jakarta Timur, kini menghilang. Penyebabnya, Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, menarik pelayanan itu karena dinilai menyalahi ketentuan yang berlaku.

Akibatnya dihentikannya pelayanan, warga Jakarta Timur pun mengaku kecewa. Pasalnya, mereka yang berencana membuat paspor harus gigit jari. “Padahal kan lebih enak pelayanan disini (kantor walikota), nggak antri dan nggak ribet. Tapi sekarang malah sudah nggak boleh lagi,” kata Gunawan, 31, calon pengurus paspor saat ditemui di kantor walikota Jakarta Timur, Kamis (17/3/2016).

Pernyataan yang sama juga disampaikan Walikota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana, yang menyayangkan penutupan gerai layanan imigrasi. Pasalnya, animo masyarakat terhadap layanan tersebut terbilang sangat tinggi, terutama layanan pembuatan dan perpanjangan paspor. “Hasilnya kan nggak buruk-buruk banget, selama dua bulan ini kan sudah 400 pemohon,” katanya.

Menurutnya, karena penutupan itu, ia harus menjawab apa ke masyarakatnya. Terlebih, beberapa waktu lalu pihaknya tengah gencar-gencarnya melakukan sosialisasi tentang adanya layanan imigrasi di kantor walikota Jakarta Timur. “Makanya kemarin saya langsung kirim surat terkait masalah tersebut,” ungkap Bambang.

SIAPKAN TEMPAT
Ditambahkan Kabag Umum Pemkot Jakarta Timur, Budi Awaludin, sebenarnya pihak pemkot sudah menyiapkan tempat khusus di kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Bahkan jaringan internet gratis siap dipasang agar gerai imigrasi bisa terkoneksi langsung dengan Dirjen Imigrasi. “Namun semua tampaknya percuma,” tuturnya

Budi juga menyebut, layanan imigrasi di kantor walikota ini merupakan pertama kali di Indonesia dan banyak diminati masyarakat. Terlebih gerai layanan imigrasi itu dibuka mulai tanggal 22 Desember 2015 hingga 29 Februari 2016, sudah menjaring banyak peminat. “Untuk itu, kami pun mengharapkan Dirjenkumham memikirkan kembali langkahnya,” tandas Budi. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here