BPAD DKI Sosialisasi Arsip dan Data di Sekolah

135
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA  – Guna menyelamatkan arsip dan data yang ada di seluruh sekolah, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta, memberikan sosialisasi pembinaan perpustakaan dan arsip sekolah. Kali ini, 66 sekolah yang ada di Ibukota disasar sekaligus sosialiasi e-Jakarta atau perpustakaan digital.

Kepala BPAD DKI Jakarta, Tinia Budiati mengatakan, pembinaan perpustakaan dan arsip sekolah ini digelar mulai 14-30 Maret mendatang. Untuk tahap awal, dilakukan di 66 sekolah, yang terdiri dari 12 SMA/SMK, 12 SMP dan 12 SD negeri maupun swasta. “Kegiatan ini serentak di lima wilayah, dan kabupaten yang ada di DKI Jakarta,” katanya.

Menurutnya, dengan diberikannya pembinaan cara pengelolaan perpustakaan dan arsip, diharapkan sekolah mampu menjaga data yang ada. Karena dari situ, buku-buku dan data akan tetap terjaga. “Selama ini, karena kurang perawatan, banyak buku dan data yang rusak di makan rayap, makanya itu harus segera di jaga,” ujarnya.

Dikatakan Tinia, dengan dikelolanya perpustakaan dan arsip secara baik, akan bermanfaat bagi seluruh siswa. Pasalnya, semuanya akan ditata dan dijaga dengan baik sehingga aman dan nyaman bagi siswa siswinya.

“Dari situ, pasti akan juga muncul minat baca yang luar biasa bagi pelajar di DKI,” tuturnya.

Sementara itu, Kasubag TU SMPN 81 Lubang Buaya, Jakarta Timur, Fini Susanti mengatakan, sosialisasi dan pembinaan ini sangat penting. Terlebih ini mengenai pengelolaan perpustakaan, diakuinya selama ini masih kurang maksimal. “Dengan adanya ini, kami jadi lebih bisa melakukan penataan dan pengelolaan arsip maupun perpustakaan,” ujar Fini.

Saat ini, kata Fini, di sekolahnya mengakui banyak kekurangan dalam pengelolaan perpustakaan. Saat ini perpustakaan yang ada menempati ruangan berukuran sekitar 5×6 meter persegi. “Di ruangan itu pula terdapat 6.479 judul buku dan 12.055 eksemplar buku bacaan, yang penataannya masih kurang maksimal,” ungkapnya.(Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here