Banprov Desa Dialihkan Untuk PON, Kades Pasrah

130
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Sejumlah kepala desa hanya bisa pasrah setelah mengetahui  bahwa pada 2016 ini, bantuan provinsi (banprov) untuk desa dihilangkan. Dananya  akan dialihkan buat Pekan Olah Raga Nasional (PON) ke XIX Jawa Barat pada September mendatang.

“Ya, sudah kita hanya pasrah,” ucap Kepala Desa Parung Panjang, Kecamatan Parung Panjang, Nina Karniasih, saat dimintai tanggapan dihilangkannya banprop tersebut, Kamis (17/3/2016).

Menurutnya, meski tidak mendapatkan dana banprov, pihaknya masih mendapatkan dana desa dari pemerintah pusat dan Pemkab Bogor . “Yang penting pembangunan jalan lancar dengan laporan jujur, transparan dan amanah,” cetusnya.

Sedangkan Kades Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan Hendra mengatakan, tidak adanya banprov akan mengurangi kegiatan  pembangunan di desanya.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, banprov provinsi buat perbaikan  sarana dan prasarana irigasi. Terpaksa tahuan ini kita pakai dana bantuan dari pemerintah pusat atau kabupaten,” katanya.

Pihaknya menyikapi positif setiap keputusan yang diambil pemerintah. Seperti halnya program mobil siaga. Walaupun desanya tidak mendapatkannya, namun ia percaya jika mobil itu akan diprioritaskan untuk yang lebih membutuhkan. “Kalau dibilang mau, semua desa juga mau,” katanya.

Distop, Tahun Depan Ada Lagi

Kasubid Aparatur Pemerintahan Desa Badan Pemberdyaan Masyarakat Pembanguan Desar (BPMPD) Kabupate Bogor  Evi Nur Latifah  mengatakan,  bantuan provinis untuk 2016 distop dan  tahun berikut akan diadakan lagi.

“Memang untuk tahun ini ditiadakan banprov bagi desa,” kata Evi. Rencananya, banprov desa akan dialihkan guna program PON Jabar XIX 2016. Diakuinya, tidak adanya dana itu akan berpengaruh terhadap pembangunan desa.

Meski jumlahnya tidak besar, namun sering kali dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur desa. “Biasanya dipakai perbaikan jalan, pembangunan sekolah dan pembangunan gedung desa,” ucapnya. (Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here