TPA Sampah Regional Dinilai Lebih Efisien

144
SHARE

BHARATANEWS.ID | BEKASI – Wacana hadirnya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah gabungan antara beberapa pemerintah daerah mendapat sambutan baik. Alasannya, bisa lebih efisian.

“Ya, ada wacana pembangunan TPA Regional,” kata Kepala Bidang Kebersihan Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Suprianto, Selasa (15/3/3016).

Menurutnya, dengan wacana tersebut berarti pembangunan TPA regional akan dilakukan tiga daerah bertetangga, yakni Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta. Soal titik pengolahan, belum tentukan. Namun ada yang mengusulkan di Karawang.

“Wacana itu sebenarnya datang dari Pemprov Jawa Barat. Tapi kami menyambut baik gagasan tersebut,” ujarnya.

Terkait pengeloalan sampah di TPA Burangkeng, Kecamatan Setu, menurut Dodi, selama ini terkendala mahalnya mesin pengolah sampah dengan teknologi modern. Karenanya, Dinas Kebersihan Kabupaten Bekasi menyambut baik usulan penggabungan pengelolaan TPA karena lebih efisien.

Mengenai TPA regional, Dody mengapresiasi usul dari Komisi Persampahan Nasional (KPNas) tapi harus dibahas matang. Alasannya, pembentukannya harus disertai teknologi untuk pengolahan.

“Disiapkan juga anggaran untuk tipping fee yang cukup besar,” tuturnya. “Selama ini biayanya bisa miliaran rupiah. Kalau dengan teknologi modern sehingga sampah bisa dijadikan energi listrik.”(poskotanews.com)