Htin Kyaw Terpilih jadi Presiden Myanmar

127
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | MYANMAR – Parlemen Myanmar telah memilih Htin Kyaw sebagai presiden non-militer pertama negeri ini sejak angkatan bersenjata mengambil alih kekuasaan setelah kudeta tahun 1962.

Htin Kyaw yang telah lama menjadi penasehat sekaligus orang terdekat Aung San Suu Kyi dicalonkan oleh Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) pada akhir pekan lalu. Selasa (15/3) parlemen melakukan pemungutan suara dan 360 dari 652 suara menyetujui pengangkatan pria 69 tahun ini sebagai presiden.

Kandidat lain, Khin Aung Myint yang dicalonkan oleh angkatan bersenjata dan Henry Van Thio yang dicalonkan oleh majelis tinggi akan menjadi wakil presiden pertama dan kedua.

Berdasarkan konstitusi negara, ketua partai NLD, Aung San Suu Kyi, tidak bisa mencalonkan diri menjadi presiden. Namun, sebelumnya Suu Kyi menegaskan walaupun dia dilarang menjadi presiden, dia akan tetap berada di atas presiden.

Myanmar telah mengadakan pemilu pada bulan November lalu dan partai NLD meraih suara mayoritas, baik di majelis rendah maupun di majelis tinggi. Kemenangan ini memungkinkan Suu Kyi memilih pengganti presiden sekarang, Thein Sein. Htin Kyaw akan dilantik pada 30 Maret mendatang.(Pos Kota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here