Dinas Damkar Depok Masih Kekurangan Personil

132
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | Depok – Ditengah keterbatasan personil yang dimiliki oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok, begitu banyak prestasi yang telah diukir oleh Damkar Kota Depok.

Demikian diungkap Wali Kota Depok Mohammad Idris saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran Ke-97, di Kantor Pemadam Kebakaran Kota Depok, Grand Depok City, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (14/3).

Prestasi tersebut diantaranya Damkar Kategori Kecepatan Dalam Memadamkan Api. Dalam peringatan HUT Damkar Nasional, Damkar Kota Depok juga mendapatkan penghargaan tiga besar dalam penanganan kebakaran.

“Sistem sudah cukup bagus, bahkan kami menjadi rujukan daerah-daerah lain agar daerah lain bisa mengambil ilmu sistem tentang pemadam kebakaran yang ada di Kota Depok,” ujar Idris.

Namun demikian, Damkar Kota Depok masih menghadapi permasalahan kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM). Idris menuturkan, saat ini kekuatan Pemadam Kebakaran di Kota Depok baru 1/10 nyawa. Menurutnya, idealnya paling tidak 1/4 nyawa, mengingat jumlah penduduk di Kota Depok.

“Kami masih perlu banyak penambahan personil,” ujar Idris.

Personel Damkar Kota Depok saat ini berjumlah 200 orang yang mayoritas adalah honorer. Wali Kota mengatakan, saat ini personil Damkar Kota Depok mendapatkan honor Rp100.000/orang/minggu. Sementara di kota lain ada yang Rp200.000/orang/hari tiap ada pergerakan.

“Istilahnya uang gerak atau uang capek. Kalau di Depok, berapa kalipun dia bergerak dalam sepekan, tetap mendapatkan honor sekian. Baru perorang Rp100.000/minggu. Kedepannya kami akan berupaya meningkatkan. Kami juga upayakan upah sesuai Upah Minimum Kota (UMK) dan fasilitas asuransi kecelakaan,” kata Idris.

Damkar Kota Depok pada tahun ini juga akan mendapatkan tambahan mobil tangga pemadam kebakaran untuk menunjang operasional.

Dalam Peringatan HUT Damkar ke-97 yang mengangkat tema “Profesionalitas Damkar Hadir Memberikan Pelayanan Pencegahan Pemadan Kebakaran Dan Penyelamatan Sebagai Perwujudan Butir Nawa Cita”, Wali Kota juga membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo.

Dalam sambutannya Mendagri mengajak seluruh bangsa Indonesia melakukan gerakan perang terhadap kebakaran dan pentingnya tindakan mengedepankan pencegahan atau preventif daripada responsif kebakaran.

Peringatan HUT Damkar diperingati setiap tahunnya sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan para petugas pemadam kebakaran yang telah memberi pelayanan pencegahan, pemadaman kebakaran dan penyelamatan terhadap korban kebakaran dan bencana lainnya. Pemadam kebakaran siaga 24 jam , tidak mengenal hari libur serta memiliki slogan “Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya”(beritasatu.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here