Ini yang Bikin MPV Boxy Laris Manis

118
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Salah satu kategori di segmen multi purpose vehicle (MPV) adalah MPV boxy. Karakter yang paling menonjol dari mobil ini adalah bentuk belakangnya yang kotak. Beberapa model yang termasuk di dalamnya adalah Honda Freed, Mazda Biante, Nissan Evalia, dengan harga yang beragam.

Keunggulan utama dari mobil ini adalah kabin yang luas. Hal ini setidaknya pernah dikatakan beberapa pabrikan. Salah satunya adalah Renault. Pada GIIAS 2015 lalu, Renault memajang Lodgy, MPV kotak berkursi tujuh.

Menurut Director of Operation Asean Renault, Serge Yoccoz, MPV jenis ini adalah solusi terbaik karena mampu membawa keluarga besar dengan ruangan yang luas. “Mereka juga melihat bentuknya yang boxy,” ujarnya kala itu.

Memang, MPV boxy mampu menampung banyak orang tanpa kehilangan kenyamanan. Daihatsu Luxio yang harganya di bawah Rp 200 juta saja misalnya, memiliki kabin yang mampu menampung 7 penumpang sekaligus.

Begitu juga dengan Toyota Alphard. Bahkan, mobil mewah ini menawarkan kenyamanan ganda dengan adanya fitur sandaran kaki pada joknya.

Hal ini juga dapat dilihat melalui dimensi kendaraan. Honda Freed misalnya, memiliki dimensi panjang 4.215 mm x lebar 1.700 mm x tinggi 1.740 mm.

Sebagai pembanding, Avanza yang punya predikat mobil terlaris di Indonesia hanya punya panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Perbedaan mencolok pada tinggi membuat penumpang Honda Freed akan merasa lebih leluasa di dalam mobil.(liputan6.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here