Trump: Putin Pemimpin Kuat, Obama Lemah

134
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | WASHINGTON – Salah satu kandidat calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik Donald Trump membandingkan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Barack Obama. Pengusaha kelas kakap itu menyebut Putin adalah pemimpin yang kuat sedangkan Obama pemimpin yang lemah.

Komentar tersebut disampaikan oleh Trump di tengah debat kandidat yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi CNN pada Kamis 10 Maret 2016 malam waktu setempat.

“Saya pikir, Putin telah menjadi pemimpin yang sangat kuat bagi Rusia. Dia jauh lebih kuat dibandingkan pemimpin kita. Tapi ini bukan berarti saya mendukung Putin,” ucap Trump, dilansir Sputnik, Jumat (11/3/2016).

Ini bukanlah pertama kalinya pria asal New York itu mengungkapkan pujian atau dukungannya ke Negeri Beruang Merah. Pada awal Maret, Trump menyebut akan sangat bagus bila hubungan antara Negeri Paman Sam dengan Rusia dapat ditingkatkan.

Komentar tersebut bertentangan dengan kandidat lainnya asal Partai Republik. Bila kandidat lain mengkritik aksi Rusia di Ukraina dan Suriah, Trump pada September 2015 menyatakan dia akan menjalin hubungan akrab dengan Presiden Vladimir Putin.

Hubungan Rusia dengan AS memburuk pada awal 2014 akibat konflik di Crimea. Barat terutama AS menuduh Rusia terlibat dalam konflik internal Ukraina dengan mendukung persenjataan pasukan pemberontak. Akibatnya, pihak Barat menjatuhkan sanksi bagi Rusia.(okezone.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here