Kiat Memilih Material Kanopi untuk Carport Anda

153
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Pada kebanyakan rumah baru saat ini, posisi garasi perlahan mulai tergantikan oleh emper mobil atau yang dikenal dengan sebutan carport. Emper mobil dinilai lebih praktis diterapkan pada rumah sederhana maupun rumah bertingkat, karena tak memerlukan lahan yang terlalu luas.

Garasi umumnya merupakan bagian dari bangunan rumah, sehingga memakan luas bangunan. Padahal, tren saat ini justru mengarah pada bangunan minimalis dengan luas lahan terbatas. Karena itu, kebanyakan rumah kelas menengah hanya memiliki carport, tanpa garasi.

Tetapi biasanya rumah dengan carport yang ditawarkan pengembang tidak selalu dilengkapi dengan atap atau kanopi. Padahal keberadaan kanopi penting untuk melindungi mobil dari teriknya cahaya matahari, hujan, dan kelembaban. Selain itu, kanopi juga dapat memberi nilai estetika tersendiri bagi rupa eksterior sebuah rumah.

Kini beragam model dan jenis kanopi sangat mudah ditemukan. Bahan dasar kanopi pun mulai bervariasi, sehingga bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan masing-masing penghuni. Apa saja contohnya?

Polycarbonate

Jenis kanopi ini terbuat dari lembaran plastik atau fiber berongga, sehingga mampu menahan dan menyerap sinar matahari (UV protection) secara optimal. Bahan polycarbonate ini dapat bertahan hingga 10 tahun lamanya, bila digunakan sebagai material dasar sebuah kanopi. Selain untuk kanopi carport, bahan ini biasa diaplikasikan pada partisi, skylight, dan penutup sport hall.

Benefit yang bisa didapat jika menggunakan kanopi jenis ini adalah bahan material yang kuat dan kokoh juga ringan. Tak hanya itu, polycarbonate juga bersifat fleksibel, tahan panas, modelnya simpel dan elegan, kedap suara, serta tersedia dalam pilihan warna beragam.(okezone.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here