Ini Waktu Sentuhan Pertama Bayangan Bulan yang Menutupi Matahari di Indonesia

124
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | JAKARTA – Suasana di ruangan live streaming di BMKG sangat meriah menyambut gerhana matahari total. BMKG sendiri telah menyiapkan 7 layar bagi 7 kota di Indonesia yang merasakan gerhana matahari total.

Deputi Geofisika BMKG Masturyono merinci waktu pertama sentuhan bayangan bulan menutup matahari. Untuk Jakarta sendiri sendiri dihitung dimulai pukul 06.21 WIB.

“Untuk Muko-muko sendiri touch pertamanya sebelum matahari terbit ya. Lalu ke Palembang 6.20 WIB, Tanjung Pandan 6.21, Palangkaraya 6.23, Balikpapan 6.25, Palu 6.27 ditambah 1 jam ya karena di timur lalu Ternate 6.36,” kata Masturyono di kantor BMKG, Jalan Angkasa, Jakarta Pusat, Rabu (9/3/2016).

Di ruangan BMKG sendiri tampak 7 kota yang dilalui GMT terpampang di 7 layar. Selain itu, BMKG juga menampilkan peta cuaca serta gempa.

Kota-kota yang dilalui GMT sendiri yaitu Tanjung Pandan (Belitung), Muko-muko (Bengkulu), Palembang, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, dan Ternate. Sementara kota yang dilalui jalur gerhana matahari sebagian yaitu Aceh, Jakarta, Medan, Yogyakarta, Kupang, Manado, Bandung, Karagkates (Malang), Denpasar, Makassar, Ambon, dan Jayapura.
(dhn/aws/detik.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here