Gurihnya Kuliner Khas Cirebon, Empal Gentong dan Empal Asem

123
0
SHARE

BHARATANEWS.ID – Bila berkunjung ke Cirebon tidak lengkap rasanya bila tidak mencicipi kuliner khas kota ini. Salah satu kuliner yang khas dan sangat populer di Cirebon yaituEmpal Gentong.

Empal Gentong tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta kuliner Nusantara. Empal gentong merupakan potongan daging sapi segar yang dimasak dalam gentong menggunakan kayu bakar.

Namun di setiap warung Empal Gentong biasanya juga menyajikan menu khas Cirebon yaituEmpal Asem, tentu saja keduanya berbeda.

Empal Gentong

Perbedaan terdapat pada kuah, jika Empal Gentong memiliki kuah kuning kental yang merupakan campuran kunyit kuning dan santan serta rempah-rempah pilihan lainnya. Sedangkan Empal Asem memiliki kuah yang cukup bening seperti sayur sop, kuah Empal Asem tidak menggunakan santan disajikan dengan irisan tomat, daun bawang serta belimbing wuluh sehingga rasanya asam dan segar.

Bagi anda pecinta kuliner nusantara yang ingin merasakan lezatnya kedua Empal khas Cirebon ini, anda bisa mengunjungi Empal Gentong H. Apud, yang beralamat di Jalan. Ir. H. Juanda No. 24 Battembat Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau sekitar Rp. 28.000,- untuk satu porsi empal gentong dan empal asem.(merahputih.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here