Gerhana Matahari Indonesia akan Dipertontonkan NASA ke Dunia

120
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | SAN FRANCISCO – Gerhana Matahari Total yang akan terjadi di Indonesia beberapa waktu lagi akan dipertontonkan NASA, lembaga antariksa Amerika Serikat ke seluruh penjuru dunia.

Bekerja sama dengan Exploratorium Science Center di San Francisco, empat ilmuwan NASA dikabarkan telah dikirim ke pantai Maluku Utara, Indonesia untuk mengamati dan meneliti fenomena ini.

Tepat ketika bulan akan memblokir cahaya matahari, NASA akan menguak misteri tersembunyi yang dari korona matahari.

“Kalian akan melihat sesuatu yang berbeda tentang sinar matahari ketika gerhana mencapai totalitasnya. Lingkungan Anda akan berubah senja, meskipun masih siang hari dan langit masih membiru,” kata ilmuwan NASA, Sarah Jaeggli, dikutip dari Tech Times, Rabu (9/3/2016).

Untuk menyiarkannya ke seluruh dunia, NASA akan mengunggahnya melalui Facebook Q & A. Rekamannya sendiri sudah dimulai pada Senin, 7 Maret 2016. Para ilmuwan tata surya dari Marshall Space Flight Center di Alabama turut bergabung dalam menyaksikan peristiwa alam ini.

Pada Selasa, 8 Maret 2016, ilmuwan dari Goddard Space Flight Center di Maryland juga mulai online di Ask Me Anything di Reddit. Perbedaan waktu 12 jam dengan Amerika Serikat, membuat masyarakat di sana menyalakan televisinya pada hari Selasa sekira pukul 08.00. Sementara di Indonesia, fase masuknya Bulan ke satu jalur yang sama di antara Bumi dan Matahari akan berlangsung sekira pukul 06.20 bergeser dari Sumatera hingga ke Papua Nugini dan Lautan Pasifik.

Fenomena ini hanya bisa disaksikan dalam waktu tiga menit 20 detik, waktu yang singkat namun sangat ditunggu-tunggu. Banyak turis asing jauh-jauh datang hanya untuk melihatnya langsung.

NASA dalam kesempatan ini menempatkan para krunya ke pulau Mikronesia, bermodalkan teleskop berisi teknologi polarisasi canggih, imagining spectograph of kernel electrons.

Dengan menggunakan tagar #Eclipse2016, para pengagum gerhana matahari juga bisa bergabung di Twitter, Facebook dan situs jejaring sosial lainnya untuk bercakap-cakap dan berbagi gambar soal fenomena ini.(okezone.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here