Juni, India Miliki Pilot Jet Tempur Wanita Pertama

98
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | NEW DELHI – Angkatan Udara (AU) India akan melantik pilot jet tempur wanita pertama mereka pada Juni 2016. Kepastian itu diungkap oleh Kepala Staf Angkatan Udara India Arup Raha. Kabar baik ini disampaikan untuk menyemarakkan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret 2016.

Menurut keterangannya, tiga pilot wanita akan menyelesaikan pelatihan mereka dan segera dilantik pada 18 Juni. Pelantikan tersebut akan sejalan dengan kebijakan Presiden India Pranab Mukherjee.

Pada Februari, Mukherjee mengumumkan wanita akan dilibatkan dalam pertempuran di seluruh angkatan militer. Selama ini jumlah personel wanita di militer India hanya sebesar 2,5 persen dan mereka tidak dilibatkan dalam bidang-bidang pertempuran.

“Kami melantik wanita pada 1991, tetapi hanya sebagai pilot helikopter dan pesawat. Saya harus berterima kasih kepada Menteri Pertahanan yang sudah menyetujui proposal AU untuk memasukkan wanita menjadi pilot jet tempur,” ujar Raha, seperti dilansir BBC, Selasa (8/3/2016).

Meski begitu, Raha tidak bisa menghindari fakta bahwa dirinya pernah menyampaikan keberatan terhadap wanita sebagai pilot jet tempur. Pada 2014, dia mengatakan secara natural fisik seorang wanita tidak cocok untuk menerbangkan jet tempur untuk waktu yang lama, terutama ketika mereka sedang hamil, menstruasi, atau mengalami gangguan kesehatan lain.

Namun pada Oktober, Raha mengoreksi ucapannya. Dia mengatakan AU berencana memasukkan pilot jet tempur wanita untuk memenuhi aspirasi wanita muda di India. Faktanya, tetangga mereka Pakistan selangkah lebih maju dalam hal ini. Pakistan memiliki 20 pilot jet tempur wanita yang mulai dimasukkan ke misi pertempuran pada 2006.(okezone.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here