Besok Masjid Agung Al-Barkah Gelar Salat Gerhana, Ratusan Jamaah Dikabarkan Hadir

93
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BEKASI – RATUSAN umat muslim di Kota Bekasi berencana melaksanakan shalat Gerhana Matahari di Masjid Agung Al Barkah, Jalan Veteran, Kelurahan Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Rabu (9/3) pukul 07.00 Wib.

“Mereka berniat melaksanakan sunnah rasulullah ini, karena ingin memperoleh pahala dan berkah Allah SWT. Meski Gerhana Matahari Total (GMT) tak melintasi Kota Bekasi,”katanya Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid Agung Al Barkah, Abdul Muthalib kepada GoBekasi, Selasa (8/3).

Dia memperkirakan ada 500 jemaah yang akan melaksanakan shalat Gerhana Matahari Total (GMT) sebanyak dua rakaat tersebut.

“Shalat kita akan dilaksanakan sesaat GMT terbit di wilayah Indonesia,”ucapnya.

Dalam shalat Gerhana Matahari Total (GMT) itu juga diisi kutbah setelah shalat dilaksanakan, sehingga tidak ada persiapan khusus untuk ibadah ini.

“Isi kutbahnya akan membahas tentang kekuasaan Allah terkait fenomena alam, sehingga manusia selalu bersyukur dan takut akan kebesaraan sang Pencipta. Pasalnya, pada zaman Nabi Muhammad SAW, ribuan masyarakat banyak yang ketakutan melihat fenomena alam itu yang saat itu siang hari seperti senja karena posisi bulan berada sejajar dengan bumi dan matahari, sehingga cahaya matahari terhalangi oleh bulan. Untuk mengusir kekhawatiran umatnya, jelas Muthalib, rasulullah kemudian melaksanakan shalat GMT sebanyak dua rakaat.

Oleh karenanya, Muthalib menyatakan sangatlah beruntung bagi jemaah yang bisa melaksanakan shalat ini. Karena selain memperoleh pahala dan keberkahan, mereka juga bisa melaksanakan apa yang dilakukan rasul.

“Keuntungannya sudah pasti mendapat pahala dan melakukan apa yang pernah dilakukan rasulullah. Jadi ada kebanggaan bagi umat muslim karena telah melaksanakan sunnahnya,”terangnya.

Dia berharap, agar pelaksanaan shalat Gerhana Matahari Total (GMT) ini berjalan dengan kyusuk dan nikmat, meski bersamaan dengan Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu.(pojoksatu.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here