Lagi Bersihkan Kebun, Gunawan Temukan Bunga Bangkai

159
0
SHARE

BHARATANEWS.ID  | LABUHANBATU – Warga Desa Sibargot Kecamatan Bilah Hulu, Labuhanbatu, Sumatera Utara dihebohkan dengan temuan bunga bangkai setinggi dua meter. Bunga langka tersebut ditemukan pertama kali oleh Gunawan Rambe (52) di kawasan perkebunan miliknya, Rabu (2/3) sore.

“Bunga itu saya temukan ketika sedang membersihkan tumbuhan liar dekat aliran sungai Aek Korsik,” kata Gunawan.

Ia pun langsung memberitahu warga sekitar dan menghubungi rekannya dari NGO yang bergerak di bidang ekosistem dan lingkungan terkait temuan itu. Ternyata, tumbuhan itu merupakan bunga bangkai.

Mengetahui hal itu, puluhan warga sekitar yang penasaran datang untuk melihat bunga tersebut. Menurut Gunawan, bunga ini memang baru pertama kali tumbuh di desa mereka.

Sementara itu, Direktur Time Sumatera Budi Awaluddin membenarkan tumbuhan yang ditemukan tersebut adalah bunga bangkai (amorphophallus titanum). “Bunga yang ditemukan warga adalah termasuk species raflesia, sejenis bunga bangkai,” kata Budi.

Untuk dapat melihat bunga bangkai di desa Sibargot, pengunjung harus menempuh waktu dua jam dari Rantauprapat, ibu kota Labuhanbatu. Mereka harus mengunakan sepeda motor khusus sejenis trail karena jalan menuju desa tersebut tergolong sulit dan terjal.

Budi pun berharap, warga sekitar dan pengunjung bisa menjaga bunga langka tersebut. “Karena bunga bangkai ini lebih banyak ditemukan daerah asalnya di Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Bogor. Jadi harus dijaga,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here