Pemkot Diminta Terbitkan Perwali Kepsek Berprestasi

133
0
SHARE

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Para tenaga pendidik maupun kepala sekolah (kepsek) di Kota Bogor berharap agar Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor segera menerbitkan Peraturan Walikota (Perwali) tentang kriteria kepsek berprestasi. Sebab, dalam Pasal 10 ayat 3 sub b pada BAB V Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 28/2010 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah, tidak menyebutkan jenis maupun bidang prestasi yang dimaksud.

”Bila Perwali diterbitkan, tak tertutup kemungkinan akan memacu agar kepsek dapat meningkatkan prestasi, baik di bidang akademik bagi peseta didiknya, guru maupun bidang kompetensi lainnya. Sebab, selama ini kepsek yang dinilai berprestasi baik tingkat nasional maupun provinsi tidak dipandang maupun dihargai. Bahkan, kepsek berprestasi itu dikembalikan ke guru,” kata sejumlah Kepala SDN di Kota Bogor, seorang di antaranya Kepala SDN Cibuluh 1, Dedy S kepada Metropolitan.

Padahal, lanjut Dedy S, dalam Permendiknas Nomor 28/2010, Pasal (3) guru yang melaksanakan tugas tambahan sebagai kepala sekolah/madrasah 2 (dua) kali masa tugas berturut-turut, dapat ditugaskan kembali menjadi kepala sekolah/madrasah di sekolah/madrasah lain yang memiliki nilai akreditasi lebih rendah dari sekolah/madrasah sebelumnya. Apabila (a) telah melewati tenggang waktu sekurang-kurangnya 1 (satu) kali masa tugas; atau (b) memiliki prestasi yang istimewa. Kemudian, pada ayat 4, prestasi yang istimewa sebagaimana dimaksud pada ayat (3) huruf (b) adalah memiliki nilai kinerja amat baik dan berprestasi di tingkat kabupaten/kota/ provinsi/nasional.

Jadi, menurut dia, dalam mutasi maupun priodesasi kepsek kemarin, tidak melihat peraturan tersebut. Bahkan, ada kepsek yang mampu meningkatkan akademik di sekolahnya serta meraih prestasi di tingkat nasional maupun provinsi, tetap saja dikembalikan menjadi guru. ”Kalau Permendiknas itu dicermati dan diartikan secara luas, pasti hal itu tak akan terjadi. Makanya, kami berharap Pemkot Bogor menerbitkan Perwali tentang guru prestasi. Sebab, siswa berprestasi saja bisa melanjutkan pendidikan ke sekolah negeri tanpa melalui seleksi akademik, kok kepsek berprestasi tidak bisa dipromosikan kembali ke tempat yang rendah,” paparnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fahrudin berjanji akan membahas pasal-pasal yang belum diatur dalam Permendiknas tersebut. Bahkan, menurut Fahrudin, dimungkinkan Perwali tentang kepsek berprestasi diterbitkan. ”Kita akan mendorong agar Perwali tentang masa tugas kepsek berprestasi yang telah dua priode menjabat, dapat diangkat kembali, bisa diterbitkan. Jadi, kalau mencermati Pasal 10 ayat 3 dan 4 Permendiknas 28 itu, dimungkinkan diterbitkan SK Kepala Dinas Pendidikan maupun Perwali untuk membuat batasan yang dimaksud Permendiknas dimaksud. Hal itu untuk memacu para guru maupun kepsek lebih berprestasi lagi,” tandas Fahrudin. (tur/ar/ram/wan/metropolitan.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here