PBB: Tingkat Kehamilan Remaja di Filipina Tertinggi di Dunia

92
0
SHARE

BHARATANEWS.ID – Menurut surevei terbaru,tingkat kehamilan remaja di seluruh dunia telah menurun dalam dua dekade terakhir ini kecuali di Filipina.

Laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, Filipina menduduki puncak daftar regional negara-negara Asia yang terus memiliki jumlah terbesar kehamilan remaja. Lembaga ini juga melaporkan, satu dari 10 perempuan muda Filipina yang berusia antara 15 dan 19 tahun sudah menjadi seorang ibu.

Beberapa faktor yang menambah terus meningkatnya tingkat kelahiran termasuk memiliki banyak pasangan seksual serta penggunaan kondom yang rendah. Sikap sosial terhadap keluarga berencana di Filipina sangat dipengaruhi oleh gereja Katolik.

Seorang ibu dari Filipina Vanessa Aguilos (24) yang telah memiliki tiga anak mengaku bahwa dirinya tidak tahu bahwa berhubungan seks tidak aman akan menyebabkan kehamilannya. “Itu tidak terlintas dalam pikiran saya bahwa ini bisa terjadi. Ibu saya hanya bertanya satu hari mengapa saya tidak menstruasi lagi dan setelah tes kehamilan, ternyata saya mengandung,’’ katanya seperti dikutip dari laman Aljazeera, Senin (29/2).

Aguilos berasal dari keluarga berpenghasilan rendah dan tidak memiliki akses ke edukasi keluarga berencana. Selain itu, tidak ada alat kontrasepsi yang diberikan kepadanya.

Pada tahun 2012, Mahkamah Agung Filipina memutuskan bahwa konstitusional untuk melaksanakan undang-undang (UU) Kesehatan Reproduksi, yang berarti bahwa penghasilan rendah memiliki hak untuk memperoleh pelayanan keluarga berencana dan kontrasepsi gratis. Pemerintah Filipina mengaku akan membahas masalah ini lagi setelah pemilu pada Mei 2016.(republika.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here