Festival buku internasional sepanjang 2016

91
0
SHARE

BHARATANEWS.ID – Dengan membaca dan berimajinasi kita mendapatkan wawasan dan petualangan. Tak heran banyak orang begitu gemar membaca. Pergi ke pameran buku pun menjadi hal menarik yang sayang dilewatkan.

Sepanjang 2016, akan ada pameran buku di berbagai penjuru dunia. Di sana tidak hanya ada buku. Tapi juga beragam karya seni dan pertunjukan menarik.

Melansir Femina, inilah beberapa pameran dan festival buku yang berlangsung mulai April-Oktober 2016.

Bologna Children’s Book Fair, Italia

Pameran rutin yang sudah berlangsung sejak dua dekade lalu ini menyuguhkan ragam buku anak terbaik dari seluruh dunia. Festival buku yang diadakan pada 4-7 April 2016 ini berfokus pada buku anak dan produk multimedia.

Sejumlah penghargaan dalam dunia penerbitan khusus anak, Bologna Ragazzi Award, akan diberikan kepada para penulis dalam empat kategori, yaitu fiksi, non-fiksi, new horizons dan Opera Prima.

Jika berkunjung ke sini, sebaiknya Anda tak sekadar menikmati kemeriahan festival buku. Sempatkan diri menelusuri kota tua Bologna yang eksotik. Atau menikmati sore di deretan kafe dan restoran cantik nan romantis di Bologna.

London Book Fair, Olympia, London

Dirintis dengan nama The Specialist Publishers Exhibition for Librarians (SPEX) by Lionel Leventhal, festival buku yang sudah berusia 45 tahun ini patut Anda kunjungi.

Sebab, pameran buku London Book Fair, Olympia, London ini merupakan pameran buku terpenting di dunia. Setelah Frankfurt Book Fair.

Pameran yang berlangsung pada 12-14 April 2016, bisa Anda manfaatkan untuk berjumpa dengan para penerbit Eropa, penjual buku, agen hak cipta, dan pembentuk tren di dunia perbukuan.

Ini bisa menjadi ajang membangun relasi berskala Internasional. Khususnya jika Anda berkecimpun di dunia penulisan dan penerbitan.

Hye-on-Wye Festival, Wales, Inggris

Datanglah di bulan Mei untuk mengikuti festival tahunan, Hay Festival of Literature & Arts. Festival akan berlangsung selama 10 hari. Mulai 26 Mei – 5 Juni 2016.

Keunikan festival ini adalah, Anda akan melihat toko buku di tiap sudut kota, dari kastil, bioskop, markas pemadam kebakaran, bahkan di lorong-lorong jalan.

Hay Castle Bookshops menawarkan cara unik belanja buku. Pilih buku yang rata-rata dihargai tak lebih dari 1 euro. Dan Anda tidak membayar ke kasir tapi bayarlah di kotak kejujuran sebelum Anda pergi. Kota buku ini terletak di sisi timur Sungai Wye, di dalam Taman Nasional Brecon Beacons.

Frankfurt Book Fair, Jerman

Inilah pameran buku tertua dan terbesar di dunia. Setelah penghentian akibat sebuah kelompok tertentu, pada 1949 nama Frankfurt kembali dalam sejarah pameran buku. Tepatnya saat Jerman mengadakan pameran buku pertama setelah Perang Dunia II.

Dan sejak saat itu pameran buku ini telah berevolusi menjadi pameran buku internasional dengan 2.900 acara yang melibatkan penerbit dan penulis dari lebih 100 negara. Indonesia menjadi tamu kehormatan Frankfurt Book Fair (FBF), tahun 2015, seperti dilansir Antara.

Penyelenggaraan FBF 2016 akan semakin meriah dengan berbagai acara untuk pencinta buku. (beritagar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here